Allah Memperhatikan Anda (Pasal Satu)

PASAL SATU

ALLAH MEMPERHATIKAN ANDA

Anda istimewa karena Allah mengganggapnya demikian. Allah menyatakan bahwa anda sangat berharga bagi Dia. Ia sangat memperhatikan diri anda dan juga semua hal yang terjadi dengan diri anda. Melalui pasal ini anda akan menyelidiki empat pernyataan yang menunjukkan perhatian Allah terhadap diri anda.

  • Allah menciptakan diri anda.
  • Allah mengenal anda.
  • Allah mengasihi anda.
  • Allah menerima anda sebagai anggota keluarga-Nya.
ALLAH MENCIPTAKAN DIRI ANDA

  1. Kejadian pasal 1 menceritakan bagaimana Allah menciptakan Alam Semesta. Tambahkan dalam daftar di bawah ini sedikit-dikitnya tiga fakta lain mengenai penciptaan. Pada mulanya (kosong), menciptakan langit dan bumi (ay. 1), tumbuh-tumbuhan (ay. 11 & 12), binatang (ay. 24), manusia (ay. 27).
  2. Bagaimana caranya Allah menciptakan dunia ini? Firman Allah (Ibr. 11:3)
  3. Mengapa Allah menciptakan segala sesuatu? Kehendak Allah (Why 4:11)
  4. Mengapa Allah menciptakan anda? Kemuliaan Allah (Yes 43:7)
PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN
Allah memberikan keluhuran kepada manusia yang tampak dari kenyataan bahwa manusia adalah pribadi yang istimewa, manusia mempunyai wewenang dan manusia mempunyai tujuan dalam hidupnya. Dari Kejadian 1:26-28 buatlah daftar mengenai beberapa bukti yang menunjukkan bahwa:
  • manusia adalah pribadi yang istimewa -- menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Allah
  • manusia mempunyai wewenang -- berkuasa atas makhluk yang hidup (binatang)
  • manusia mempunyai tujuan -- bertambah banyak (beranak cucu)
ALLAH MENGENAL ANDA
Dalam Mazmur 139:1-6 Daud menyebutkan beberapa segi kehidupannya yang "diketahui dan diselidiki" oleh Allah sebutkan sedikitnya empat segi yang dikemukakannya. Kemudian tandailah dalam daftar tersebut segi-segi kehidupan anda yang juga diketahui Allah -- mengenal manusia, mengetahui perbuatan, mengerti pikiran, mengetahui perkataan (ada perlindungan Tuhan).
Setelah Daud menyadari bahwa Allah mengenal dia secara sempurna, bagaimana tanggapannya terhadap hal itu? Mazmur 139:23, 24. -- Manusia harus terbuka kepada Tuhan.

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN
Bagaimana Yesus melukiskan tentang perhatian Allah yang mendalam terhadap diri anda? Matius 10:29-31. -- Manusia lebih berharga, Tuhan peduli kepada manusia, Allah mengasihi manusia.

ALLAH MENGASIHI ANDA
Ulangan 7:7-8, Bagaimanakah kasih Allah kepada manusia dinyatakan oleh Nabi Musa? Tuhan yang membawa keluar dari perbudakan.

Yesaya 63:8-9, Bagaimanakah kasih Allah kepada manusia dinyatakan oleh Nabi Yesaya? Tuhan menjadi Juruselamat yang menyelamatkan manusia.

Apakah yang menjadi pernyataan terbesar daripada kasih Allah? Yohanes 3:16 -- Agar setiap orang percaya (Karena begitu besar kasih Allah dalam karya keselamatan-Nya).

Pelajarilah Yohanes 3:16 bersama-sama dengan ilustrasi di bawah ini:
  • Apa yang diperbuat Allah karena kasih-Nya? Mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal.
  • Apa makna daripada Allah "mengaruniakan" Anak-Nya? Pemberian.
  • Bagaimana caranya agar seseorang dapat menerima hidup yang kekal? Percaya kepada Tuhan.
Dalam Yohanes 10:9-16, Yesus melukiskan kasih dan keprihatinan-Nya dengan tinddakan seorang gembala. Menurut ayat-ayat ini hal-hal apa sajakah yang ingin diberikanNya kepada kita? Keselamatan, berkat, menyelamatkan, memberikan nyawa, Tuhan menjaga dan tidak meninggalkan manusia, memperhatikan, mengenal.

Dari daftar di atas, hal manakah yang paling penting bagi anda? Tuhan memberikan nyawa-Nya untuk penebusan bagi manusia.

Ambilah waktu sebentar untuk berdoa. Berterimakasilah kepada Allah karena semua hal yang didaftarkan di atas juga tersedia bagi anda. Khususnya ingatlah akan hal yang paling anda butuhkan. Pujilah Dia karena semua hal itu telah disediakan bagi anda semata-mata karena Yesus Kristus dan anda tidak perlu mengusahakannya dengan jerih payah sendiri.

ALLAH MENERIMA ANDA SEBAGAI ANGGOTA KELUARGANYA
Dengan sebutan apa murid-murid diajar oleh Yesus untuk memanggil Allah? Matius 6:9 -- Bapa.
Benarkah bahwa Allah itu Bapa bagi setiap orang? Berilah alasan untuk jabawan anda. Yohanes 8:42-44 -- Yang percaya kepada Yesus mempunyai Bapa.
Bagaimana sesorang dilahirkan ke dalam keluarga Allah? Yohanes 1:12-13 -- Menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat serta percaya.
Sebagai seorang Kristen anda perlu memiliki keyakinan bahwa Allah adalah Bapa anda dan bahwa anda memiliki hidup yang kekal. Karena perasaan manusia selalu berubah, keyakinan ini haruslah semata-mata berdasarkan pada Firman Allah. "Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal" (1 Yohanes 5:13).
Menurut Roma 8:15-17, ada banyak hal yang dapat diperoleh kalau seseorang menjadi Anak Allah yang sungguh-sungguh. Daftarkan hal-hal tersebut! -- Menerima Roh, menjadi saksi, menjadi ahli waris, menerima janji Allah.
Jelaskan dengan singkat bagaimana anda tahu bahwa Allah adalah Bapa anda? Allah adalah Bapa dalam percaya Tuhan Yesus sebagai Juruselamat dalam Roh.

RINGKASAN
Allah sudah menciptakan anda untuk mneggenapi maksud-maksud-Nya dan untuk mempermuliakan Dia. Ia memberi anda keluhuran dengan membentuk anda menurut peta dan teladan-Nya. Allah sangat menghargai anda, sehingga Ia mau mengenal keadaan diri anda secara sempurna. Bahkan Ia mengasihi anda hingga Ia mengutus Anak-Nya untuk mati di atas kayu salib. Pernyataan kasih-Nya ini membuktikan keingginan-Nya untuk memberikan hidup yang kekal dan berkelimpahan bagi anda. Pada saat menerima kehidupan yang ditawarkan Yesus Kristus ini secara pribadi, maka secara rohani anda dilahirkan ke dalam keluarga Allah. Dia adalah Bapa anda dan anda adalah anak-Nya.

Popular posts from this blog

Materi SKB CPNS

SPI 106 – Pendekatan dan Metode Penilaian

Penggunaan Lahan & Performa Kota